Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Selasa, 22 Maret 2011

2 KAPAL NELAYAN MALAYSIA DITANGKAP POL AIR MABES POLRI DI PERAIRAN RUPAT



Bengkalis, Berita Patroli

          Dua buah kapal nelayan malaysia yang sedang melakukan kegiatan ilegal fishing di wilayah perairan Indonesia ditangkap Kapal Patroli Mabes Polri Selasa (8/3). Kapal nelayan yang berasal dari Johor Malaysia dengan no. Lambung JHF 6963 B dan JHF 7281 B  tersebut ditangkap oleh Kapal Polisi No. 510 Antareza yang kebetulan akan melakukan pergeseran tugas ke Sumatera Barat. Saat ini kedua kapal dan ketujuh awak kapal berwarga negara malaysia tersebut diserahkan kepada Polair Polres Bengkalis untuk di lakukan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut.
Dir Polair Polda Riau Kombespol Zainal Apaliwang yang turun bersama Kapolres Bengkalis saat penyerahan barang bukti dua buah kapal berikut tersangka pelaku kepada sejumlah wartawan menjelaskan penangkapan oleh Kapal Polisi Antareza yang sedang dalam perjalanan di atas Pulau Rupat lebih kurang 12 mil dari Tanjung Kedabu, Malaysia mendeteksi adanya kapal nelayan malaysia yang sedang melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia. Setelah terdeteksi lalu dilakukan pengejaran sejauh kira-kira 3 mil baru tertangkap. Dan berselang beberapa waktu kemudian datang kapal marine police malaysia yang datang untuk menjemput namun langsung di ”usir” oleh Komandan Kapal Polisi Antareza.
Lebih lanjut Dir Polair Polda Riau mengatakan bahwa polair polda riau sudah berkoordinasi dengan pihak Malaysia melalui  Kamsani selaku komandan gerakan marine police wilayah 2 johor. Kita sudah menginformasikan bahwa Polair RI telah melakukan penangkapan terhadap 2 buah kapal nelayan beserta 7 awak kapal malaysia. Selama ini memang diantara Polair Polda Riau sudah sering berkomunikasi untuk informasi timbal balik, katanya.
Terkait kegiatan Polair dalam pengamanan perbatasan wilayah perairan di perbatasan Indonesia - Malaysia Dir Polair mengatakan selama ini kegiatan patroli tetap sudah dilakukan bahkan pihak Polair Polda Riau juga sudah sering melakukan patroli bersama dengan Police Marine Malaysia di selat Malaka.
Menurut Dir Polair Polda Riau penangkapan tersebut memang merupakan yang pertama kalinya namun berdasarkan informasi dari nelayan yang biasa melaut di eilayah perbatasan sudah sering terpantau kapal nelayan malaysia yang berusaha masuk intuk melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia.
(Agus)


0 komentar:

Posting Komentar