Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Kamis, 11 Agustus 2011

Data Tak Valid Raskin Desa Sejangat Tak Kunjung Dibagikan


Bukit Batu – Berita Patroli

             Beras Miskin (Raskin) yang bertumpuk di ruang tengah kantor desa Sejangat Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis sejak hampir sebulan yang lalu hingga Rabu (27/7) tak kunjung dibagikan. Hal itu dipicu oleh simpang siurnya data penerima.
 Data yang diperoleh Berita Patroli, penerima Raskin yang ditetapkan Pemkab di desa tersebut pada tahun ini hanya berjumlah 322 KK sementara pendataan yang dilakukan oleh tim pembagian Raskin dari desa berjumlah 570 KK, sehingga perlu dieliminasi sejumlah KK, namun menimbulkan kealotan yang tak berkesudahan.
Kepala Desa Sejangat, Sudarno dikonfirmasi, Rabu (27/7) terkait persoalan ini tidak membantahnya, Kades mengaku pusing akibat tim pendataan Raskin tidak mendata dengan benar, akibatnya jumlah 570 KK itu susah untuk dikurangi, karena mereka yang telah terdata tidak mau KK nya dihapus
"Saya sendiri bingung dengan persoalan ini, karena kesalahan awal dilakukan oleh tim yang mendata. Seharusnya pada tahun ini yang menerima 322 KK jumlah terakhir yang masuk sampai 570 KK, kita sebenarnya menginginkan beras itu segera dibagikan, namun dalam setiap rapat yang digelar oleh 20 orang tim pembagian Raskin selalu saja alot," jelas Sudarno
Diakui Sudarno terdapat beberapa data KK yang mungkin dinilai tidak layak menerima Raskin, seperti mereka yang bekerja di Labour Supplay (LS) Pertamina RU II Sungai Pakning ternyata ada yang terdata menerima Raskin. Hal itulah yang menjadi salah satu pemicu kemarahan warga.
"Saya meminta tim pembagian Raskin yang telah dibentuk untuk bekerja maksimal dan menemukan solusinya segera, karena beras itu sudah lama bertumpuk di kantor, lagipula warga sudah mulai gerah akibat Raskin tak kunjung dibagikan," katanya.
Dikatakan Sudarno Pemerintah Desa sendiri bukanlah sengaja menahan-nahan Raskin di desa tersebut, namun karena telah terjadi kesalahan dalam pendataan.
"Mudah-mudahan dalam waktu dekat persoalan pembagian Raskin ini dapat segera direalisasikan, kita tak ingin timbul polemik atau hal-hal yang tidak diinginkan, jadi diharapkan masyarakat bisa memakluminya," tambah Sudarno.
Menanggapi persoalan  ini Camat Bukit Batu, Andris Wasono yang dihubungi via telefon selular mengaku gerah dengan persoalan Raskin di desa Sejangat yang tak kunjung dibagikan tersebut.
"Sejauh ini hanya desa Sejangat yang bermasalah dengan Raskin di kecamatan Bukit Batu, jauh-jauh hari saya sudah memerintah kan untuk segera dibagikan, karena beras itu kalau lama dibiarkan di kantor desa bisa saja membusuk," tegas camat.
 ( ed )

Sudarno Kepala Desa Sejangat- Bukit Batu


0 komentar:

Posting Komentar