Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Minggu, 14 Agustus 2011

Dolpin Roro Patah Penyeberangan Terhenti, Bengkalis Terancam Lumpuh

Bengkalis , Berita Patroli
            Dolpin (tiang penahan kapal saat merapat-red) pada dermaga pelabuhan ro-ro Air Putih Bengkalis Senin (8/8) sekitar pukul 08.00 Wib patah dan amblas kelaut, Dampak dari kerusakan dolpin tersebut otomatis pelabuhan tidak bisa di fungsikan dan arus penyeberangan kapal ro-ro terhenti total yang mengakibatkan pulau Bengkalis terancam lumpuh.
Informasi yang berhasil dirangkum, kondisi dolpin yang ada di dermaga ro-ro Air Putih sudah banyak yang lapuk, terutama pada bagian utama untuk menahan kapal. Beberapa waktu yang lalu salah satu dolpin di bagian depan dermaga sudah patah dan kemudian menyusul doplin pada bagian tengah  yang merupakan fungsi utama untuk menahan kapal sewaktu merapat.
Sebelum patah kondisi dolpin sudah mengalami kemiringan akibat tiang penyangga sudah banyak yang keropos. Puncaknya pada Senin pagi kemarin saat kapal KMP Citra Mandala Sakti yang berangkat trip pertama dari Sungai Pakning ke Bengkalis, sewaktu melakukan olah gerak untuk merapat di Bengkalis tiba-tiba Dolpin tersebut langsung patah dan akibatnya kapal tersebut mengalami kesulitan sewaktu merapat.
Akibat dolpin tersebut patah aktifitas penyeberangan di dua pelabuhan tersebut terhenti total. Bahkan di pelabuhan Sungai Selari terlihat kendaraan roda dua, empat dan truk menumpuk menunggu antrian. Setelah mengetahui kapal tidak jalan, pengguna jasa roro mulai meninggalkan pelabuhan tersebut.
"Saya harus menyeberang ke Bengkalis hari ini, karena istri saya mau melahirkan. Akibat tidak beroperasinya kapal maka saya harus menggunakan kapal pompong kayu di pelabuhan Sungai Pakning," ujar Aziar salah seorang penumpang kepada Berita Patroli.
Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis, Elfian Ramli ketika dihubungi membenarkan salah satu dolpin mengalami patah akibat kondisi dermaga yang sudah tua. Ia berjanji akan sesegera mungkin melakukan perbaikan.
"Kondisi pelabuhan roro di Air Putih ini sudah tua, hampir dua puluh tahun usianya, sementara arus kendaraan setiap waktu meningkat. Sebelumnya kita sudah merencanakan pada tahun 2012 untuk merehab total pelabuhan roro Air Putih ini, tetapi dengan kejadian ini perbaikan akan dilakukan sesegera mungkin," kata Elfian.
Selain itu Bupati Herliyan Saleh kata Elfian sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi dolpin yang patah. Bupati memerintahkan kepada Dinas Perhubungan untuk segera melakukan perbaikan secepatnya,karena saat ini aktifitas kapal terhenti total karena pelabuhan tidak bisa difungsikan.
“Pasti akan segera kita perbaiki secepatnya. Hari ini juga akan datang tim teknisi dan kapal ponton dari Siak untuk menarik Dolpin yang tenggelam serta menggantikannya dengan dolpin sementara,” jelas Elfian .mengakhiri.
Penyeberangan Dihentikan
Sebelum kejadian ini pihak Administrator pelabuhan (Adpel) Bengkalis telah melayangkan surat ke Dinas Perhubungan Bengkalis terhadap  kondisi dermaga pelabuhan yang dinilai sangat membahayakan kapal, akibat banyaknya dolpin yang sudah lapuk dan keropos.
Kepala Adpel Bengkalis Jondra Juis ketika dihubungi mengatakan bahwa untuk sementara waktu aktifitas penyeberangan kapal ro-ro di dermaga Air Putih dihentikan akibat patahnya salah satu dolpin. Sementara itu untuk mengatahui arah jatuh dolpin tersebut harus menunggu ketika air dalam keadaan surut.
"Kalau air sudah surut akan kita ketahui arah patahan dolpin tersebut. Juga kita harus melihat apakah nanti akan membahayakan terhadap kapal yang akan merapat dan apabila berbahaya patahan tersebut harus diangkat terlebih dahulu," kata Jondra.
Ditambahkannya juga bahwa selain dolpin yang patah di area tersebut juga terdapat bangkai kapal penyeberangan yang tenggelam beberapa tahun lalu. Dan akan sangat beresiko dengan lambung kapal nantinya, apabila kapal dipaksakan.
Bakal Lumpuh
Sementara itu diperkirakan dalam beberapa hari ini kondisi di Pulau Bengkalis akan terancam lumpuh total akibat pasokan sembako dan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang biasanya didatangkan dari luar Bengkalis dengan mobil tangki tidak bisa menyeberang ke pulau Bengkalis. Selama ini pasokan BBM dan sembako diangkut melalui jalan darat menggunakan penyeberangan ro-ro.
          ”Kalau dalam dua hari kedepan aktifitas penyeberangan ini masih terhenti, dipastikan ekonomi di pulau Bengkalis terancam lumpuh. Selama ini kebutuhan BBM khususnya bensin, solar dan minyak tanah serta sembako diangkut melalui truk via penyeberangan roro,”ujar Arianto, warga Bengkalis.
          Solusi lain adalah BBM dan sembako diangkut menggunakan kapal laut. Maka biaya yang dikenakan pasti lebih mahal dibanding lewat jalur darat via roro. Dampaknya harga jual BBM dan sembako akan melonjak, kebetulan saat ini bulan Ramadhan apalagi menjelang Lebaran Idul Fitri.
”Masyarakat pasti akan menjerit kalau harga melambung tinggi. Diharapkan secepatnya Pemkab Bengkalis memperbaiki dolpin yang patah tersebut, sebelum ekonomi di pulau Bengkalis lumpuh total,”sambung Arianto. ( ed )


Bupati Bengkalis Ir.H.Herliyan Saleh.Msc , Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan.Eng.SP.MH, Sekdakab Bengkalis Drs,H.Asmaran Hasan dan sejumlah 
SKPD tinjau Dolpin Roro Air Putih yang patah




Dolpin (tiang penahan kapal saat merapat-red) yang patah pada dermaga pelabuhan ro-ro Air Putih Bengkalis Senin (8/8)


0 komentar:

Poskan Komentar