Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Kamis, 11 Agustus 2011

Pemkab akan Kembangkan Pantai Alohong

Rupat – Berita Patroli 

Selama ini Pemkab Bengkalis hanya mewacanakan pengembangan objek wisata bahari di Teluk Rhu dan Tanjung Punak kecamatan Rupat Utara. Kedepan, Pemkab Bengkalis juga akan mengembangkan pantai Alohong, Teluk Ketapang di desa Sungai Cingam kecamatan Rupat (Selatan).
Hal itu disampaikan langsung Bupati Ir.H.Herliyan Saleh.Msc, saat meninjau langsung kondisi pantai Alohong, Selasa (26/7) bersama puluhan pejabat di lingkungan Pemkab. Menurut Bupati, yang juga mengaku baru pertama kali berkunjung ke pantai Alohong, pantai tersebut masih sangat alami dengan pasir putih sepanjang 7 KM, dan ditumbuhi pohon-pohon pinus yang cukup lebat.
”Saya selama ini hanya mendengar soal pantai Alohong, di Sungai Cingam ini. Ternyata pantainya dengan pasir putih serta pohon pinus disepanjang bibir pantai sangat mempersona, sehingga terkesan sangat alami,”kata Herliyan, bersama sejumlah pejabat yang juga mayoritas baru pertama kali berkunjung kesana.
Dijelaskan Herliyan, selama ini prioritas pengembangan wisata di Pulau Rupat hanya pantai Tanjung Lapin (Tanjung Punak) dan Teluk Rhu. Sementara itu pantai Alohong yang juga berada di jalur Selat Melaka, nyaris luput dari perhatian. Bupati dan rombongan juga terpesona dengan kondisi alam Alohong, khususnya sepanjang pantai yang bisa dilewati kendaraan roda dua.
”Pantai ini pantas dikembangkan kedepannya menjadi salah satu objek wisata bahari. Apalagi disepanjang pantai ini tidak ada perkampungan penduduk, sehingga sangat potensial untuk dijadikan sarana wisata bahari,”ungkap Bupati, dihadapan kepala dinas pariwisata, kebudayaan, pemuda dan olahraga (Parbudpora) H.Arianto.
Menanggapi keinginan Bupati tersebut, Kadisparbudpora, Arianto mengaku akan menjajaki hal tersebut. Diakuinya, pantai Alohong tersebut sebenarnya memiliki nilai jual lebih karena laju abrasi yang terjadi belum separah di Teluk Rhu atau Tanjung Lapin.
”Ya, sesuai keinginan bapak Bupati kita akan pelajari termasuk menyusun planning kedepan untuk mengembangkan pantai Alohong ini menjadi salah satu objek wisata bahari yang alami dengan menonjolkan potensi budaya lokal. Namun rencana mengembangkan kawasan wisata, juga terkait erat dengan masalah infrastruktur, khususnya jalan serta listrik,”papar Arianto.
( ed )









Bupati Bengkalis Ir.H.Herliyan Saleh.Msc tinjau pantai Alohong


Pantai Alohong , Teluk Ketapang Desa Sungai Cingam


0 komentar:

Posting Komentar