Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Minggu, 14 Agustus 2011

Proyek APBN Turap di Tanjung Lapin Hancur

Rupat Utara – Bengkalis , Berita Patroli
          Kondisi turap penahan gelombang yang terdapat di pantai Tanjung Lapin, desa Tanjung Punak kecamatan Rupat Utara mulai hancur. Padahal proyek yang didanai APBN tersebut baru selesai dikerjakan pada tahun 2009 lalu, dengan anggaran sekitar Rp 3 miliar lebih.
          Temuan di lapangan terlihat posisi turap yang dibangun dengan panjang sekitar 500 meter itu terlalu rendah, hanya sekitar 1 meter dari permukaan laut. Apabila terjadi gelombang pasang otomatis air laut akan melewati bangunan turap dari batu tersebut. Pantai Tanjung Lapin sendiri merupakan salah satu kawasan yang akan dikembangkan menjadi sentra wisata bahari dimasa mendatang.
          Terkait kondisi turap tersebut, camat Rupat Utara Agus Syofyan, Selasa (2/8) membenarkan kondisi turap penahan gelombang yang asal jadi tersebut. Menurut camat, turap yang dibangun tersebut dinilainya salah perencanaan, karena sama tinggi dengan permukaan laut.
          “Kedepan kita sangat mengharapkan agar Pemkab Bengkalis, Pemprov Riau ataupun pemerintah pusat betul-betul selektif dalam membuat perencanaan sebuah proyek. Lihat saja turap di Tanjung lapin ini, belum dua tahun sudah ambruk, dikerjakan asal jadi saja oleh rekanan,”keluh Agus.
          Camat yang masih bujangan ini juga berharap pada tahun anggaran 2012 mendatang dinas bina marga dan pengairan (BMP) kabupaten Bengkalis mengalokasikan anggaran untuk kelanjutan atau perbaikan turap di pantai Tanjung Lapin.
          Dikonfirmasi terpisah, kepala bidang pengairan dinas BMP Ali Rasyid, yang ditanya mengaku sudah mendapat kabar soal tersebut. Akan tetapi ujarnya, pada tahun 2011 ini tidak ada dialokasikan untuk pembangunan turap di Tanjung Lapin ataupun kecamatan Rupat Utara secara keseluruhan.
          “Mungkin untuk tahun 2012 bisalah kita usulkan untuk pembangunan turap di pantai Tanjung Lapin atau Tanjung Punak tersebut. Untuk kecamatan Rupat Utara proyek turap mayoritas didanai oleh APBN melalui Pemprov Riau, termasuk di pantai Tanjung lapin serta untuk tahun 2012 di pantai Teluk Rhu,”jelas Ali Rasyid, yang baru 6 bulan menjabat kabid pengairan itu. ( ed )

Proyek APBN - Turap Pantai Lapin Yang Sudah Hancur


0 komentar:

Poskan Komentar