Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Selasa, 22 Februari 2011

PEMKAB BENGKALIS SERIUS BENAHI MANAJEMEN RSUD GRAND HOSPITAL





Bengkalis, Berita Patroli

Pemerintah Kabupaten Bengkalis segera melakukan pembenahan serius terhadap manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Grand Hospital) untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Perombakan manajemen yang akan dilakukan adalah yang menyangkut pemeliharaan, pelayanan kesehatan, keuangan dan juga pengadaan obat, kata Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh kepada Berita Patroli.
Terpisah Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bengkalis H. Said Amir, SKM yang baru dilantik beberapa waktu lalu ketika ditemui Berita Patroli di ruang kerjanya mengatakan memang saat ini RSUD tengah melakukan perbaikan di semua sektor terutama yang menyangkut fungsi rumah sakit yaitu fungsi kuratif (pengobatan) dan rehabilitasi. Dijelaskan Said Amir ada beberapa hal penting yang menyangkut system yang harus segera ditangani secara serius. Ada empat unsur (4M) yang harus mendapat perhatian serius yakni Man, Machine, Money, dan Method, kata Said Amir. Menurutnya empat hal inilah yang akan menjadi prioritasnya dalam membenahi manjemen RSUD sesuai tugas dan tanggung jawabnya selaku direktur.
Saat ditanya 4M yang dimaksud Said Amir secara panjang lebar membeberkan M yang pertama yaitu Man adalah SDM yang harus di tingkatkan. Peningkatan SDM ini kata Said Amir akan dimulai dengan meningkatkan disiplin semua petugas dan tenaga medik yang bekerja di rumah sakit. Terkait peningkatan disiplin kata Said Amir dirinya sudah membuat program kerja yakni dari 490 tenaga yang ada (PNS dan honorer) maka 40% akan ditugaskan selama jam kerja, 30% bertugas sampai jam 8 malam dan 30% lagi akan ditugaskan dari jam 8 malam sampai jam 8 pagi. Selain peningkatan disiplin juga tentu profesionalismenya juga harus ditingkatkan,imbuhnya. “Untuk itu saya sudah membuat program mengirimkan 24 orang pegawai Rumah Sakit untuk belajar ke RS. Arifin Ahmad di Pekan Baru dan diharapkan setelah belajar kesana maka para pegawai tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik dan benar.
Selanjutnya M yang kedua yaitu Machine adalah yang menyangkut peralatan. Menurutnya banyak peralatan fasilitas Rumah sakit yang masih kurang memadai seperti contohnya mobil ambulan. Untuk mobil ambulan memang sekarang kita memiliki enam unit tapi dua diantaranya rusak berat, dua rusak sedang dan dua rusak ringan, katanya. Lalu M yang ketiga atau Money yaitu adalah yang menyangkut anggaran. “ Untuk anggaran itu sifatnya relatif dan sesuai keperluan”,katanya. Yang penting bagaimana mengelola anggaran tersebut dengan maksimal sehingga anggaran yang ada dapat digunakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan Rumah Sakit ini sehingga semua keluhan masyarakat dapat diatasi,imbuhnya
Sedangkan M yang terakhir yaitu Methode kita akan mencoba melakukan perbaikan metode secara  menyeluruh. Salah satu metode Metode yang akan kita gunakan itu santun, ramah - tamah, sopan dan bersahabat sehingga para pasien yang berobat di rumah sakit ini merasa nyaman dsan terlayani dengan baik, katanya mengakhiri.


0 komentar:

Posting Komentar