Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Minggu, 14 Agustus 2011

Muatan tak Memadai Roro Tj Kapal-Dumai Diserbu Warga

Rupat – Bengkalis , Berita Patroli
          Beberapa hari jelang masuknya bulan suci Ramadhan, aktifitas masyarakat dari pulau Rupat ke kota Dumai semakin meningkat. Hal itu mengakibatkan keberadaan kapal ro-ro KMP Paray yang melayari rute Tanjung Kapal, kecamatan Rupat ke Dumai, pulang pergi (PP) diserbu warga.
          Dari pantauan dan informasi yang diperoleh, pada Sabtu dan Minggu (30-31/7) setiap kali penyeberangan ratusan kendaraan yang umumnya roda dua terlihat antri menggunakan jasa penyeberangan oleh KMP Paray tersebut. Kondisi kapal yang sempit dan kecil, membuat masyarakat harus antri, menunggu giliran penyeberangan.
          Anggota DPRD Bengkalis asal Rupat, Misliadi, saat dikonfirmasi Minggu (31/7) membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, kondisi KMP Paray tidak layak melayari rute Tanjung Kapal-Dumai, karena terlalu kecil, muatannya tidak memadai, hanya mampu menampung sekitar seratus kendaraan roda dua setiap kali penyeberangan.
          “Kita harapkan dinas perhubungan Bengkalis untuk menambah armada penyeberangan. Apalagi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang, aktifitas penyeberangan dipastikan akan sangat tinggi. Tidak ada salahnya kalau KMP Tasik Gemilang dioperasikan sementara dulu ke Rupat ini,”saran Misliadi.
          Disebutkannya lagi, KMP Paray dari sisi kenyamanan juga kurang memenuhi persyaratan. Misliadi berharap ada kebijakan dari Pemkab Bengkalis selama bulan puasa dan Idul Fitri nanti. “Sejak ada kapal ro-ro ini aktifitas masyarakat tinggi, mereka tidak lagi menggunakan kapal pompong kayu ke Dumai, tapi melalui jalan darat via kapal ro-ro,”tutup pria asli Tanjung Kapal, Rupat itu.
          Menyikapi hal tersebut, dalam beberapa kali kesempatan dinas perhubungan akan mengupayakan agar KMP Tasik gemilang yang notabene merupakan kapal Pemkab, beroperasi ke Rupat dan Dumai. Hanya saja sejauh ini KMP Tasik Gemilang belum melakukan docking, serta terganjal masalah izin pelayaran.
          “Rencananya KMP Tasik Gemilang akan kita operasikan nanti melayari rute Tanjung Kapal-Dumai PP. Tapi kapal itu sendiri sudah hampir dua tahun tidak docking, sehingga kita baru operasikan setelah dilaksanakan docking dan melengkapi dokumen pelayaran,”jelas Elfian Ramli, kepala dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkalis dalam beberapa kesempatan kepada wartawan.              ( ed )


KMP Paray yang tidak layak melayari rute Tanjung Kapal-Dumai


0 komentar:

Poskan Komentar