Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Minggu, 14 Agustus 2011

Tapal Batas Bengkalis Tak Kunjung Tuntas

Bengkalis , Berita Patroli
           Masalah tapal batas kabupaten dengan lima kabupaten dan kota lain di Riau hingga saat ini masih belum tuntas. Persoalan tapal batas antar kabupaten merupakan tanggungjawab pemerintah propinsi Riau, dengan persetujuan Menteri Dalam Negeri.
          Kepala bagian tata pemerintahan (Tapem) Setdakab Bengkalis Suparman, S.Sos, Senin (8/8) menyebutkan bahwa tapal batas Bengkalis dengan lima kabupaten dan kota lainnya masih dalam pembahasan. Tapal batas itu meliputi dengan kabupaten Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti dan kota Dumai.
          ”Khusus soal tapal batas dengan kota Dumai, menurut informasi dari Pemprov Riau untuk penyelesaian sudah sampai ke Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Tapal batas dengan Dumai panjangnya meliputi 69 kilometer, sedangkan yang sudah dipasang patok sepanjang 54 kilometer, hanya tersisa 15 kilometer lagi,”terang Suparman.
          Mantan camat Rupat Utara tersebut menyebutkan kalau soal tapal batas dengan kabupaten Siak, diakuinya belum ada titik temu sejauh ini. Tapal batas dengan kabupaten Siak cukup panjang, mulai dari kawasan Sepotong, desa Langkat di kecamatan Siak kecil sampai ke kecamatan Pinggir dengan kecamatan Kandis di Siak.
          Sedangkan tapal batas dengan kecamatan Rokan Hulu, di kecamatan Pinggir yang sudah dilakukan pematokan sepanjang 8 kilometer. Perbatasan dengan kecamatan Rokan Hilir hingga sekarang disampaikan Suparman masih belum direalisasikan, dimana perbatasannya berada di desa Kesumbu Ampai, kecamatan Mandau.
          ”Hanya dengan kabupaten kepulauan Meranti sejauh ini soal tapal batas tidak ada masalah, karena batasnya berada di perairan atau laut. Untuk tapal batas dengan Siak dan Rohil sudah diajukan surat ke Gubernur beberapa kali untuk ditindaklanjuti,”tegas Suparman.
          Ditambahkannya lagi penyelesaian tapal batas dengan Rokan Hulu, segera akan diajukan setelah pembahasan tapal batas dengan kabupaten lainnya tuntas. Sedangkan perbatasan dengan kepulauan Meranti, akan dibahas terakhir,setelah yang lainnya tuntas.( ed )
                                                                                                  


0 komentar:

Poskan Komentar