Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Minggu, 14 Agustus 2011

DO APMS Habis Premium di Bengkalis Kosong

Bengkalis . Berita Patroli
             Stok bensin atau premium di sejumlah agen premium dan minyak solar (APMS) Pulau Bengkalis  kosong menyusul telah habisnya DO (Delivery order) atau jatah untuk bulan Juli. Hanya APMS Bumi  Laksamana Jaya (BLJ) yang masih ada stok sehingga antrean kendaraan tak dapat dihindarkan.
Demikian pula di kios-kios tepi jalan, sejak beberapa  hari lalu sudah tidak menjual premium. Pantauan langsung di APMS BLJ, Senin (1/8), ratusan kendaraan roda dua dan roda empat terpaksa harus rela antre berjam-jam sejak pagi untuk mendapatkan premium.
Sementara itu di APMS lainnya, seperti APMS Nurwati (Bengkalis), Hendri Sukamto dan Agus Surito di Bantan DO-nya telah habis. Arianto, salah seorang warga yang antre membeli bensin di APMS BLJ mengaku  sudah menunggu satu jam. Ia biasanya jarang membeli bensin di APMS, tapi di Pos APMS atau eceran.
“Pos APMS maupun kedai eceran, bensin sudah habis. Mau tak mau kita harus rela antre berjam-jam untuk mendapatkan minyak,” papar Arianto.
Di Bantan premium juga sulit didapat sejak seminggu terakhir. Terutama masyarakat yang tinggal jauh dari APMS mereka kesulitan membeli premium, dikarenakan di pos APMS maupun pedagang pengecer stok sudah tidak ada.
“APMS tidak membolehkan pembelian menggunakan jerigen.  Pos APMS maupun agen pengecer tidak punya stok minyak sehingga masyarakat yang tinggal jauh dari  APMS kesulitan mendapatkan bensin. Mau tak mau mereka harus antre berjam -jam, itupun waktu buka APMS dibatasi,” papar Sofyan, warga Bantan.
Kembali Normal
Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Alfakhrurrazy, membenarkan bahwa DO atau jatah premiun untuk Bulan Juli sudah habis. Kecuali APMS  Bumi Laksamana Jaya karena kemarin masuk hanya satu tanki ukuran 5.000 liter.
“Kita telah ingatkan kepada APMS BLJ untuk menjaga stok yang ada sampai DO untuk bulan Agustus ditebus. APMS diingatkan untuk tidak melayani penjualan kepada Pos APMS maupun pedagang pengecer sampai DO kembali normal,” papar pria yang akrab disapa Razy.
Dijelaskan Razy, sejumlah APMS telah berangkat ke Pekanbaru untuk menebus DO bulan Agustus. Diperkirakan hari ini minyak bensin sudah masuk ke Pulau Bengkalis sehingga kekosongan stok di sejumlah APMS akan teratasi.
“Inya Allah besok (hari ini, red) stok premium kembali normal seperti semula. Sejumlah APMS telah berangkat ke Pekanbaru untuk menebus DO, kita perkirakan ada sekitar 10 tanki yang akan masuk besok,” ungkap Razy.
Diakui Razy, di akhir-akhir bulan memang agak rawan terjadi kelangkaan premium. Hal ini disebabkan di Pulau Bengkalis belum ada SPBU, baru ada APMS. Sesuai ketentuan Pertamina, setiap APMS DO-nya dijatah setiapnya bulannya.
Di samping itu, tambah Razy lagi, secara nasional ada kebijakan pengurangan penggunaan premium yang bersubsudi. Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk hemat mengkonsumsi BBM dan tidak melakukan penimbunan.
Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh saat sidak ke APMS Bumi Laksamana Jaya, Senin (1/8), mengingatkan kepada Disperindag untuk melakukan pemantauan dan melakukan pengaturan terhadap APMS dalam pendistribusian premium kepada masyarakat.
“Jangan sampai stok minyak kosong. Untuk itu tolong diatur bagaiman pendistribusiannya. Kalau ada agen yang nakal atau ada pihak-pihak yang menimbun silakan tindak,” tegas Bupati. ( ed )

Salah satu APMS di Pulau Bengkalis Yang Menjual Pakai Drum



0 komentar:

Poskan Komentar