Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Minggu, 14 Agustus 2011

BNK Kurang Pro Aktif 6 Bulan, 60 Kasus Narkoba

Bengkalis , Berita Patroli
            Kepolisian Resort (Polres) Bengkalis dalam enam bulan terakhir telah menangani sebanyak 60 kasus penyalahgunaan narkoba. Ke 60 kasus tersebut melibatkan pengguna aktif hinggá pengedar, termasuk peredaran antar negara melalui pelabuhan di Bengkalis.
            Hal itu dikemukakan oleh Kapolres Bengkalis AKBP Achmad Kartiko.Sik.MH kepada wartawan, Jumat (5/8) sore lalu terkait kasus narkoba di kabupaten Bengkalis. Sebanyak 60 kasus telah ditangani oleh pihak Polres Bengkalis, ada juga yang ditangani ditingkat lebih tinggi (Polda Riau).
          “Dalam enam bulan terakhir, sejak tahun 2011 ini telah 60 kasus yang ditangani oleh anggota kita. Mayoritas kasus tersebut meliputi penyalahgunaan hinggá peredaran narkoba, dengan melibatkan berbagai kalangan,”papar kapolres.
          Selain itu, disebut Kapolres juga bahwa sebagai daerah kepulauan Bengkalis rawan penyelundupan narkoba dari luar negeri, khususnya negara tetangga Malaysia. Hal itu terbukti dengan adanya tangkapan dalam beberapa kasus besar dalam dua tahun terakhir yang melibatkan jeringan narkoba internacional.
          Kemudian ketika ditanya sejauh ini koordinasi antara Polres dengan Badan narkotika Kabupaten (BNK), Achmad Kartiko mengaku belum ada. Hanya saja, pihak Polres Sian bekerjasama kedepannya dengan BNK Bengkalis dalam penanganan kasus narkoba termasuk melakukan penyuluhan-penyuluhan.
          “Kalau perlu, apabila nanti BNK meminta tenaga kepolisian dalam penanganan kasus narkoba atau apapun bentuk kegiatannya kita sangat siap, termasuk memberikan bantuan personal,”ujar Achmad Kartiko.
          Ditempat terpisah ketua BNK Bengkalis, Drs.Suayatno ketika ditanya peran BNK dalam penanganan kasus narkoba yang terkesan kurang pro aktif, mengakui kalau sejauh ini organisasi tersebut belum memulai langkah-langkah. Disebutkan Suayatno yang juga wakil bupati Bengkalis, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.
          “Masih ada kendala dalam penanganan narkoba ini, termasuk kekurangan staff yang akan melaksanakan berbagai program. Tapi pada prinsipnya kita siap mengemban tugas tersebut,melakukan berbagai kegiatan oleh BNK,”tukas Suayatno.
          Ditanya apa langkah BNK Bengkalis, ia belum dapat memastikan. Tetapi kegiatan BNK akan lebih difokuskan pada berbagai kegiatan penyuluhan, sosialisasi tentang bahaya narkoba kesemua lapisan masyarakat, khususnya pelajar.   ( ed )
                                                                                                                              

Kapolres Bengkalis AKBP Achmad Kartiko.Sik.MH


0 komentar:

Poskan Komentar