Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Rabu, 20 Juli 2011

Habiskan Dana Milyaran Banyak Bangunan Pasar tak Difungsikan

Bengkalis , Berita Patroli

Milyaran rupiah dana APBD dihabiskan untuk membangun sarana perbelanjaan seperti pasar, namun masih cukup banyak pasar yang dibangun Pemkab Bengkalis dahulunya tak berfungsi sebagaimana layaknya. Diduga, sarana jual beli tersebut dibangun tanpa perencanaan yang matang, sehingga terkesan asal jadi.
Diantara pasar-pasar yang sudah selesai dibangun tapi tak kunjung difungsikan antara lain pasar modern di Kelapapati Laut kota Bengkalis, pasar Tanjung Sekodi kecamatan Bengkalis dan pasar Pangkalan Nyirih, termasuk rencana akuisisi (pengambilalihan) pasar Raya Mandau di kota Duri yang tak kunjung terlaksana.
Wakil ketua Komisi IV DPRD Bengkalis, Rismayeni, Minggu (3/7) mengakui kalau masih banyak sejumlah pasar yang sudah selesai dibangun dibeberapa kecamatan di kabupaten Bengkalis tapi tak kunjung dioperasikan. Ia menyebutkan bahwa sejauh ini SKPD terkait yaitu Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) kurang pro aktif terhadap sarana yang sudah dibangun tersebut.
”Anggaran yang dialokasikan untuk DPKP pada APBD cukup besar untuk membangun pasar modern dan pasar-pasar tradisional disejumlah kecamatan. Sedangkan pasar-pasar yang sudah dibangun dengan menelan dana milyaran tak kunjung difungsikan untuk kepentingan masyarakat, bahkan ada yang terbengkalai,”papar Rismayeni, dengan nada heran.
Politisi perempuan dari Partai Demokrat tersebut mencontohkan, ada pasar yang selesai dibangun, tapi malahan yang menghuni bangunannya adalah kambing milik masyarakat serta menjadi ajang maksiat muda-mudi. Rismayeni meminta DPKP harus bertanggungjawab terhadap kondisi yang terjadi tersebut.
”DPKP juga harus melakukan pendataan ulang terhadap keberadaan pasar-pasar yang sudah selesai dibangun ataupun yang terbengkalai. Kemudian dicarikan solusinya agar tidak menjadi bangunan tua yang dihuni hewan ternak masyarakat. Padahal pasar itu adalah tempat transaksi, dimana roda perekonomian suatu daerah berputar,” jelas Rismayeni, perempuan asal Mandau tersebut.
Namun sambungnya ada juga pasar yang pengelolaan serta fungsinya cukup baik, diantaranya adalah pasar di kecamatan Pinggir. Hanya saja tambah Rismayeni, sangat disayangkan kalau di kota Bengkalis yang notabene ibukota kabupaten tidak memiliki pasar yang cukup representatif untuk proses jual beli, karena pasar yang baru dibangun milyaran rupiah di Kelapapati Laut tak dioperasikan, padahal sudah selesai dikerjakan.
Ketika hal tersebut coba dikonfirmasi ke Kepala DPKP Tengku Zainudin kemarin tidak berhasil ditemui dan handphonenya juga tidak aktif.( ed )



Salah satu Pasar di desa Pangkalan Nyirih-Rupat di biarkan terbengkalai


0 komentar:

Poskan Komentar