Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Selasa, 19 Juli 2011

PAD Bengkalis Terealisasi 59 Persen

Bengkalis , Berita Patroli

Pada semester pertama atau triwulan kedua tahun anggaran 2011, Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Bengkalis dari sektor pajak dan retribusi sudah terealisasi hingga 59,68 persen.Sementara itu target PAD yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pendapatan Daerah (PAD) adalah Rp 141 miliar, diluar dana bagi hasil (DBH) migas.
Hal itu dikemukakan langsung oleh kepala Dispenda Kabupaten Bengkalis, Muhammad Syukri, kepada wartawan di ruang kerjanya, baru-baru ini. Disampaikan Syukri, realisasi yang telah didapat itu diluar target, karena hitungannya baru sampai dengan pertengahan triwulan kedua.
”Total PAD dari pajak dan retribusi yang sudah terealisasi hingga saat ini adalah 59,69 persen atau sebesar Rp 84,164 miliar. Sedangkan target yang kita canangkan untuk PAD tahun ini adalah Rp 141 miliar, sehingga diharapkan hingga tahun anggaran berakhir bisa melampaui target,”ungkap Syukri.
Diterangkan Syukri, PAD yang terealisasi itu diantaranya berasal dari penerimaan jasa giro atau suku bunga deposito di kas daerah. Kemudian, PAD juga berasal dari pendapatan lain-lainnya seperti dari penerimaan pengurusan perizinan serta retribusi. Diantara retribusi yang masuk ke kas daerah terbesar diantaranya adalah dari sektor kesehatan serta dari pelabuhan penyeberangan.
Untuk retribusi kesehatan dijelaskannya, saat ini sudah terealisasi melebihi Rp 1 miliar. Untuk retribusi pelabuhan, khususnya dari penyeberangan kapal ferry roro serta pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) dan BSSR di Selatbaru, kecamatan Bantan, ia optimis dari sektor jasa tersebut juga bakal memenuhi target yang dibuat yaitu Rp 2 miliar, bahkan tidak tertutup kemungkinan terjadi peningkatan.
”Saat ini untuk retribusi pelabuhan sudah terealisasi 43 persen yaitu Rp 877 juta, dari target Rp 2 miliar. Mudah-mudahan tahun ini PAD kita melebihi target, sehingga bisa berdampak positif pada APBD tahun 2012,”tambah Syukri.( ed )



Muhammad Syukri , kepala Dispenda Kabupaten Bengkalis



0 komentar:

Poskan Komentar