Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Selasa, 19 Juli 2011

Roro Dumai-Tj Kapal ( Rupat ) Dishub Riau Sudah Sediakan Kapal

Bengkalis , Berita Patroli

Setelah tiga bulan alur pelayaran kapal roll on roll off (roro) antara kota Dumai dengan Tanjung Kapal di kecamatan Rupat, kabupaten Bengkalis, akhirnya dinas perhubungan (Dishub) Riau menyediakan kapal baru roro untuk jurusan tersebut. Sebelumnya, Administrator Pelabuhan (Adpel) Dumai melarang kapal Land Craft Tank (LCT) beroperasi, karena tidak sesuai standar keselamatan pelayaran.
Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo kabupaten Bengkalis, Ja’afar Arif kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (15/6) mengutarakan bahwa pihaknya sudah mendapat tembusan surat dari Dishub Propinsi Riau soal pergantian kapal roro rute Dumai-Tanjung Kapal (Rupat).
”Beberapa hari lalu, Dishub Propinsi mengirimkan tembusan surat kepada kita tentang dukungan penyedian kapal roro oleh Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP). Prinsipnya mereka menyetujui pergantian kapal dari jenis LCT ke kapal ferry roro dalam beberapa pekan kedepan,”jelas Ja’afar.
Mantan camat Bengkalis itu mengutarakan juga bahwa kapal yang direncanakan adalah roro KMP Paray dengan kapasitas 162 GT. Saat ini kapal milik ASDP tersebut beroperasi melayari rute penyeberangan dari Sumatera Selatan menuju ke Bangka Belitung (Babel).
”Kapan pengoperasian kapal, tentu semuanya tergantung dari Memorandum of Understanding (MoU) antara ASDP dengan Pemprov Riau. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat ini kerjasama operasional tersebut tuntas, dan kapal roro tersebut dapat beroperasi,”sambung J’afar.
Operasikan Secepatnya
Ditempat terpisah, anggota DPRD Bengkalis asal Rupat, Abdul kadir.Sag yang ditanya soal tersebut mengharapkan agar pengoperasian kapal roro itu dapat dilakukan secepatnya. Hal itu mengingat kebutuhan masyarakat Rupat khususnya sangat tinggi, karena juga berdampak kepada peningkatan perekonomian masyarakat.
”Sejak keberadaan roro atau kapal LCT beberapa waktu lalu gairah perekonomian di pulau Rupat sangat terasa, karena masyarakat bisa memasarkan langsung hasil pertanian, perkebunan maupun ikan tangkapan mereka ke kota Dumai atau kawasan daratan lain di Riau. Diharapkan Dishub Riau secepatnya mengoperasikan kapal roro tersebut,”imbau Kadir. ( iran )




Ja’afar Arief
Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Kabupaten Bengkalis



0 komentar:

Poskan Komentar