Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Selasa, 19 Juli 2011

Tak Jelas Peruntukannya Pembangunan Terminal Sungai Selari Dihentikan

Bengkalis , Berita Patroli

Tahun anggaran 2011 ini, kelanjutan pembangunan terminal penumpang dan kendaraan angkutan umum di pelabuhan roro Sungai Selari, kecamatan Bukit Batu dihentikan oleh Pemkab Bengkalis. Alasan penghentian dipandang dari sudut peruntukan atau kegunaan terminal tersebut yang tidak jelas.
Hal itu dikemukakan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (hubkominfo) kabupaten Bengkalis, Elfian Ramli, Senin (13/6). Penyebab dipendingnya kelanjutan pembangunan terminal yang sudah mencapai volume pekerjaan hingga 60 persen tersebut, karena kegunaannya belum jelas, serta harus dilakukan kajian ulang terhadap fungsi terminal itu.
”Sebelum kita lanjutkan kembali pembangunan terminal kendaraan umum serta penumpang di Sungai Selari ini, kita akan kaji ulang kembali kegunannya. Apalagi di kawasan pelabuhan roro itu, kurang layak dibangun terminal, sebab pelabuhan roro adalah tempat keluar masuk kendaraan, bukan dalam bentuk terminal,”jelas Elfian, menerangkan.
Dijelaskan mantan kadishub kota Dumai itu, penghentian pembangunan terminal itu pada tahun 2011 ini, tidak tertutup kemungkinan pada tahun anggaran 2012 atau seterusnya dilanjutkan. Apalagi kata Elfian, Bupati Herliyan Saleh sudah meninjau langsung kondisi terminal, dan meminta dilakukan peninjauan ulang.
”Perlu saya garis bawahi, bahwa pembangunan Terminal di pelabuhan roro itu peruntukannya ditinjau kembali dari segi efektifitas serta manfaatnya kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa angkutan darat. Selama ini di Bukit Batu memang belum ada terminal, tapi bukan berarti dibangunnya terminal kendaraan di Sungai Selari, semuanya bisa beres,”papar Elfian.
Disisi lain ia juga menyinggung soal master plan atau perencanaan terminal tersebut yang tidak ada sama sekali. Sehingga terminal itu terkesan asal bangun, tanpa feasibility study (studi kelayakan) terlebih dahulu. Akan tetapi sambung Elfian, juga tidak tertutup kemungkinan pembangunan terminal itu dihentikan sama sekali, serta dilakukan audit investigatif. ( nazry )


0 komentar:

Poskan Komentar