Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Selasa, 19 Juli 2011

Di Kawasan Giam Siak Kecil Ditemukan 3 Sawmil Liar Beroperasi


Bukit Batu – Bengkalis , Berita Patroli
              
            Aktifitas illegal loging (ilog) hingga saat ini masih marak terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan tiga sawmill yang mengolah bahan kayu jadi di tengah hutan yang merupakan lokasi Giam Siak Kecil, dimana penemuan tersebut ketika Unsur Pimpinan Kecamatan  (UPIKA) Kecamatan Bukit Batu dan Pihak PT. Sinar Mas melakukan pemantauan dari udara beberapa waktu yang lalu.
“Memang benar, waktu saya bersama UPIKA dan pihak perusahaan melakukan pemantauan dari udara melihat langsung ada tiga sawmill yang beroperasi melakukan aktifitas illegal loging di tengah hutan yang merupakan lokasi Giam Siak Kecil,” ujar Camat Bukit Batu Andris Wasono  Rabu (15/6).
Dijelaskan oleh mantan Sekcam Bengkalis tersebut bahwa jarak dari satu sawmil ke sawmill yang lain hampir 1 Km dan lokasi sekitar sawmill tersebut terlihat kayu yang sudah bayak tumbang untuk diolah menjadi bahan baku. Sementara itu ujar Andris untuk mencapai kelokasi tersebut sangat jauh menggunakan jalur air yang ada di kanal tersebut.
Bahkan Andris sempat merekam dari udara temuan sawmill liar tersebut dimana setiap lokasi sudah banyak hutan yang gundul dan juga terlihat rel untuk mengangkut kayu dari lokasi ke kanal. Kemudian sambungnya kemudian kayu tersebut ditarik hingga ke tempat penampungan yang diduga masuk perbatasan di desa Bukit Kerikil.
”Kita telah melaporkan ke Kabupaten untuk ditindak lanjuti, karena lokasi yang di gunakan untuk aktifitas illegal loging ini merupakan hutan belantara yang merupakan suaka alam dan margasatwa serta dilindungi oleh Negara,”tutur Andris menambahkan.
Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Kadisbunhut) Kabupaten Bengkalis Ismali.MP ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa adanya laporan dari Camat BukitBatu terhadap temuan tiga sawmill yang diduga kuat melakukan aktifitas illegal loging di kawasan Giam Siak Kecil.
Kita sudah menerima laporan tersebut.  Saat ini kita sudah menurunkan anggota Polhut untuk mencek ke lokasi yang ditemukan tersebut. Tetapi untuk pastinya masuk ke wilayah siapa kita belum mengetahui secara pasti dan menunggu hasil tim yang turun dari lapangan nanti,” jelas Ismail yang juga mantan Camat Bukit Batu tersebut.( iran )



Camat Bukit Batu Andris Wasono


0 komentar:

Poskan Komentar