Selamat Datang Di Blogspot Berita Patroli Bengkalis

Rabu, 20 Juli 2011

Abrasi di Pantai Alohong Cukup Parah 50 Meter Daratan Amblas

Rupat – Bengkalis , Berita Patroli

Kawasan pantai Alohong yang terletak di Teluk Ketapang desa Sungai Cingam kecamatan Rupat, kabupaten Bengkalis masuk dalam kategori terkena abrasi paling parah sejak beberapa tahun terakhir. Diperkirakan tidak kurang 50 meter daratan di bibir pantai sepanjang 4 kilometer amblas ke laut.
”Kawasan pantai Alohong yang berhadapan dengan selat Malaka ini termasuk daerah yang terkena abrasi cukup parah dan mengkhawatirkan. Abrasi terjadi pada musim pasang utara setiap akhir hingga awal tahunnya. Saat ini diperkirakan tidak kurang 50 meter lebih daratan sudah amblas kelaut dan masyarakat pindah kedarat karena terjangan gelombang, termasuk areal perkebunan warga,”ujar Amir, warga dusun II Alohong kepada Berita Patroli.
Akibat dari abrasi itu sambung Amir, merusak perkampungan warga, sehingga beberapa kepala keluarga terpaksa harus pindah ke darat, beberapa puluh meter dari kawasan pantai. Kemudian tanaman milik warga seperti kelapa juga bertumbangan dihantam gelombang, dan hanyut dibawa arus.
Ia berharap pemerintah segera turun tangan menangani masalah abrasi yang terjadi terus menerus sepanjang tahun. Apalagi sambung Amir, rusaknya hutan mangrove (bakau) menjadi salah satu penyebab terjadinya abrasi, karena tidak ada lagi tanaman mangrove untuk menahan laju gelombang yang datang.
”Hingga saat ini tidak proyek pemerintah untuk membangun turap pemecah gelombang menahan abrasi. Itulah yang kita sesalkan, karena perhatian daerah maupun propinsi terhadap abrasi di pantai Alohong ini tidak ada sama sekali,”kesal Amir, pria beranak empat itu.
Ditanggung APBN
Ditempat terpisah kepala bidang (kabid) Pengairan Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) kabupaten Bengkalis Ali Rasyid ketika dikonfirmsi soal tidak adanya pembangunan turap di desa Sungai Cingam membenarkan. Disampaikan Ali, untuk tahun anggaran 2011 ini pembangunan turap di Sungai Cingam dibiayai oleh APBN.
"Untuk tahun anggaran 2011 ini pembangunan turap di Sungai Cingam ditanggung APBN. Hanya saja volume pekerjaannya, saya belum mendapat informasi pasti, karena proses lelangnya berada di Dinas Pekerjaan Umum (PU) propinsi Riau. Baru pada tahun 2012 direncanakan pembangunan turap disejumlah daerah di Rupat baru akan dilaksanakan, dimana saat ini baru pada tahap detail engineering design (DED),"terang Ali Rasyid. ( ed )

Pantai Alohong Yang terkena Abrasi


0 komentar:

Poskan Komentar